--> Skip to main content

Antar Aku ke Tanah Suci

Haji adalah Ibadah paling lengkap dari seluruh ibadah mahdhah (ritual) yang ada dalam islam. Dalam Haji terdapat ibadah Fisik. Seseorang yang melakukan Ibadah Haji harus melakukan perjalanan yang jauh dan melelahkan. Ditanah suci, rata-rata ibadah yang dilakukan menggunakan fisik, terutama berjalan kaki seperti thawaf, sa'i, melempar jumrah, ziarah dan sebagainya.


Mengapa Talbiyah harus dibaca?, dimana artinya bahwa kita telah datang memenuhi seruan Maha Agung, seruan Mulia dari Pemilik Alam Semesta ini? Dan kita sendiri telah berada di tanah suci..??
Ketika jama’ah haji atau jama’ah umrah mengumandangkan talbiyah, sebenarnya mereka sedang mengikrarkan pernyataan tauhid kepada Allah dan mengikrarkan pernyataan anti syirik.

Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu mensifati talbiyah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas sebagai talbiyah dengan tauhid. Sebab di dalamnya berisi pemurnian peribadatan hanya kepada Allah dan membuang kemusyrikan. Hal ini jmembuktikan bahwa kalimat-kalimat talbiyah itu bukan semata lafal-lafal kosong, tetapi mengandung makna agung yang merupakan ruh dan asas agama, yaitu tauhidullah.

Abu Raihan - Informasi Haji dan Umrah

“Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan hanyalah kepunyaan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu” ( HR. Muslim )

Oleh karena itu, setiap orang yang mengumandangkan kalimat-kalimat talbiyah di atas wajib menghayati makna yang terkandung di dalamnya. Sehingga ia menjadi orang yang benar dalam bertalbiyah, kata-katanya cocok dengan kenyataannya, ia benar-benar berpegang pada ajaran tauhid dan menjaga hak-hak tauhid. Menjauhi segala hal yang dapat membatalkan tauhid, baik itu kemusyrikan maupun yang lainnya.

Maka ia menjadi orang yang tidak akan meminta kecuali kepada Allah, tidak akan ber-istighatsah (bersambat) kecuali kepada Allah, tidak bertawakkal kecuali kepada Allah, tidak akan meminta bantuan serta pertolongan kecuali kepada Allah, dan tidak akan mengarahkan salah satu macam ibadahpun kecuali hanya kepada Allah saja. Sebab hanya di tangan Allah dan hanya menjadi kewenangan-Nya sajalah hak untuk memberi, menahan pemberian, melimpahkan anugerah, melimpahkan manfaat dan menimpakan madharat

Talibiyah tidak hanya pemberitahuan kepada Allah SWT bahwa kita sedang memenuhi undangan Maha Agung, tapi juga merupakan sebuah doa. Doa dari hamba yang fakir dengan hati yang sangat menghiba memohon kepada Sang pemilik dua Masjid indah, dan juga agar hati dapat bertambah khusuk ketika berdoa hingga dapat meneteskan air mata, agar membuat hati, jiwa dan raga menjadi taat dan lebih soleh lagi dalam menjalani kehidupan. Ini juga merupakan sebagai jawaban kerinduan yang sangat kepada Allah SWT, rindu akan rahmat dan kasih sayang Allah SWT
Talbiyah juga sebagai tanda dekatnya Anda ke kota Haram Mekkah untuk melakukan thawaf, said an ibadah haji/umroh lainnya.

Beberapa keutamaan  membaca Talbiyah
Dari Abu Hurairah r.a bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, “ Tidaklah seorang mengucapkan talbiyah atau mengucapkan takbir, melainkan akan dijanjikan dengan kebaikan.” Rasulullah ditanya,” Wahai Rasulullah, apakah dijanjikan dengan surga?” Beliau menjawab,” Ya.” ( Mu’jam Ausath no. 7779, Shahih al-Jami’ No. 5569 dan as-Shahihah No. 1621-Hasan)

Dari Sahl bin Sa’d berkata: Rasulullah SAW bersabda’” Tidaklah seorang muslim bertalbiyah, kecuali yang berada di samping kanan dan kirinya akan ikut bertalbiyah, mulai dari batu, pohon, dan tanah keras hingga ke ujung bumi.” ( HR At-Tirmidzi No. 787 )

Dari Abu Bakr ash Shiddiq bahwa Nabi SAW ditanya,” Haji apa yang paling mulia?” Beliau menjawab,” Mengangkat suara pada saat talbiyah dan menyembelih hewan.” (HR At-Tirmidzi No. 827 )


Berzikir,berdoa dan mengucapkan niat. Dalam ibadah Haji hati juga harus selalu lurus. tertuju semata-mata karena Allah, jadi lengkap ada Ibadah hati, fisik dan lisan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar